Dunia adalah sebuah planet kecil yang berada dalam maha luasnya alam. Dunia adalah planet kecil yang elok yang memiliki keanekaragaman kehidupan di dalamnya termasuk kita umat manusia yang dinobatkan atau mungkin menobatkan diri sebagai khalifah atau pemimpin, penjaga maupun pengontrol dari kelangsungan hidup di bumi.

Ada yang mengatakan dunia adalah merupakan panggung sandiwara kehidupan dimana setiap makhluk individu yang hidup di dalamnya sebagai pemerannya dan memerankan karakter atau perwatakannya sendiri-sendiri. Namun apakah kita pernah memikirkan bagaimana dunia ini diciptakan, adakah kehendak atau makna yang dibalik semua yang terjadi, merupakan sebuah pertanyaan di mana sejarah memberikan jawaban yang berbeda-beda dari sudut pandang yang berbeda-beda pula terhadap setiap pertanyaan.

Ketika kita berbicara tentang kehidupan dan kematian, pernahkah kita memikirkan makna hidup dan pernahkah kita memikirkan tentang kematian. Mengapa kita hidup, adalah sebuah pertanyaan yang telah ada sejak berabad-abad silam. Lantas apakah kita menikmati hidup, juga sebuah pertanyaan yang setiap individu harus menemukan jawabannya sendiri pada pertanyaan yang sama. Dengan kata lain setiap individu harus melakukan tindakan atau perbuatan terhadap pertanyaan yang diajukan dan semua tergantung dari individu masing-masing.

Sedangkan kematian adalah sebuah proses alamiah dari adanya kehidupan. Kita tidak akan pernah bisa merasakan makna hidup tanpa kita pernah menyadari semua akan diakhiri dengan kematian. Seperti halnya kita tidak akan membuat pesta perpisahan tanpa kita sadari ataupun terlintas dalam benak kita bahwa akan adanya sebuah perpisahan.

Kita tidak dapat merasakan nikmatnya hidup tanpa menyadari bahwa nanti kita akan mati. Namun juga sangat ironis bagi kita untuk menyadari bahwa kita harus mati tanpa memikirkan betapa nenakjubkan hidup itu. Sungguh tragis bila bila seseorang harus sebelum mereka memahami betapa berharganya hidup itu. Kita bisa berpetualang, berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan, berteman, menemukan hal-hal yang baru yang belum pernah kita temui dan sebagainya.

Lalu apakah hal yang paling penting dalam hidup itu. Apakah jabatan, uang, harta kekayaan, wanita atau mungkin yang lainnya. Bila pertanyaan yang sama diajukan pada orang yang sedang kedingingan jawabannya adalah kehangatan, apabila kita bertanya pada orang yang kehausan jawabannya adalah minum, sedangkan kalau kita ajukan pertanyaan pada orang yang sedang kesepian atau terasingkan, mungkin jawabannya adalah hiburan, ingin ditemani orang lain.

namun apabila kebutuhan dasar manusia telah terpuaskan, masih adakah sesuatu yang dibutuhkan. Sudah pasti setiap orang membutuhkan makan, perlindungan, menginginkan rasa aman, membutuhkan cinta dan perhatian dst. Namun terlepas dari semua itu setiap orang juga ingin mengetahui siapa kita sebenarnya, dan mengapa kita ada di sini. Namun yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana seharusnya kita hidup, bagaimana hidup kita bisa berguna bagi diri sendiri, bagi orang lain, dan bagi kehidupan itu sendiri. Sebuah proses pendewasaan yang tidak mungkin terselesaikan dalam waktu singkat yang relatif singkat dan mungkin tidak akan pernah selesai.